It’s Called Dynamath

Hufft, akhirnya kembali sempet bikin postingan lagi setelah selama hampir 2 bulan ini sibuk kuliah (engga juga sih), ganti mayor jadi SPIRIT, dan nugas di Infokom Gumatika. Oh iya, ngomongin soal infokom, kita baru aja nih ngeluarin majalah online ke-2 kita semalem. Ya majalah online, majalah virtual, bacanya di internet, gitu deh pokoknya. Kita bikin majalahnya hanya terbatas online karena mau nyoba ngurangin penggunaan kertas *sadisss. Nama E-Magazine kita DYNAMATH, singkatan dari Dynamika Matematika.

Arti dari namanya sendiri, Matematika yang penuh dinamika. Sebagai mahasiswa Matematika, gue ngerasain yang namanya belajar Matematika yang beda dari pas jaman gue sekolah dulu. Di sini udah engga banyak itung-itungan lagi, tapi kita dituntut untuk bisa buktiin sebuah formula itu asalnya dari mana, dengan berpacu pada teorema, aksioma, dan lema yang ada. Meskipun demikian, banyak hal-hal lain dari Matematika ini yang gue suka dan engga banyak orang tau. Hanya kita, mahasiswa Matematika aja yang tau sisi lain dari dunia Matematika. Nah, Gumatika sendiri ingin menunjukkan kepada mahasiswa/dosen sisi lain di balik dinamika matematika yang penuh dan sarat dengan formula rumit, itung-itungan yang menjelimet, tapi juga penuh dengan mahasiswa yang menyenangkan, luar biasa, anti mainstream, tukang kentut, tukang lawak, dan semuanya, mampu bersanding dengan Matematika, ilmu induk dari segala disiplin ilmu.

Nah itulah kira-kira maksud dari nama Dynamath. Majalah kita ini terbit InsyaAllah sebulan sekali dengan tema yang berbeda-beda tentutnya. Isi kontennya juga variatif. Ya kalo bisa dinilai, nilai ragam Var(X)-nya tinggi loh. Ada apa aja sih isi? Nih contohnya kayak Press Release kegiatan Gumatika, merangkum ulang kegiatan yang udah kita jalanin dengan kata-kata. Terus ada pembahasan tema, supaya pembaca-pembaca tau ‘kita lagi ngomongin tema apa sih’ gitu loh. Lanjut, ada Quomath, kuote-nya anak matematika, entah itu dari dosen, staf, atau mahasiswa matematikanya sendiri. Soalnya, banyak juga nih mahasiswa mate yang kalo ngomong tiba-tiba nge-kuote sendiri omongannya, nah untuk yang suka ngomong sambil nge-kuote, kuote-nya bisa jadi ada di majalah bulan depannya, jadi semoga beruntung ya he he he. Masih ada lagi nih, Cerita Kalkulusiana, kisah in-inspiratifnya seorang karakter Kalkulusiana. Siapa sih Kalkulusiana itu? Buat yang belum tau, doi adalah karkakter fiksi yang biasanya muncul di soal cerita UTS dan UAS Kalkulus 1, Kalkulus (doang), dan Pengantar Matematika. Soal kayak gini biasanya yang paling ditunggu-tunggu (dan dihindari) mahasiswa yang lagi ujian matkul tersebut. Karakter ini akhirnya kita angkat sebagai karakter majalah Dynamath secara resmi, keren engga tuh? Engga? Yaudah, bye! Ada lagi nih, biasanya kita juga nyantumin poster-poster coming soon kegiatan kita yang akan datang loh. Udah itu ajalah bocorannya, kalo mau tau lebih lanjut, baca makanya majalahnya!

Sampe bulan April ini kita udah ngeluarin dua dimensi Dynamath loh. Dynamath Dimensi 1 nyeritain tentang kepengurusan baru Gumatika. Dynamath Dimensi 2 mengisahkan tentang setengah matematika setengah artlis. Ini dia gambaran cover depannya:

 

Cover Depan

 

Dynamath Dimensi 1

 

Cover 2

Dynamath Dimensi 2

Okelah ka..ka..kalo begitu. Silahkan di-download Dyn-Magz nya di sini:

Dynamath Dimensi 1 Download
Dynamath Dimensi 2 Download

Mager download? Yaudah baca online aja nih di sini:

Dynamath Dimensi 1 Online
Dynamath Dimensi 2 Online

Apa? Mager download? Engga mau baca juga? Yaudah cukup taulah, bye!!!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s